Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. E-Mail merupakan salah satu process pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan cepat (+- 1 Menit).
Syarat melakukan pengiriman E-mail (Mengirim surat dengan internet) adalah:
- Membuat alamat email contoh: info@g-excess.com
- Mengetahui Username & Password dari email; “Account dan kata sandi”.
- Mengetahui E-mail yang di tuju.
Anda bisa membuat email secara gratis di sana.
Perbedaan email dengan surat biasa ( surat yang menggunakan prangko) adalah:
E-Mail:
a. Hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat (+- 1 menit)
b. Alamat Email (alamat email bukanlah seperti alamat rumah)
c. Cukup dengan adanya jaringan internet
d. Keamanan data / surat terjamin.
Surat Biasa (Berperangko):
a. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko).
b. Pengalamatan Rumah / Kantor
c. Membutuhkan waktu lama
d. Keamanan Surat kurang terjamin
Perbedaan lain antara Email dengan Surat biasa adalah:
Surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.
Contoh gambar dari Email (Electronic Mail):
Gbr email dari Cpanel www.g-excess.com
Contoh Popup Login Form Email:
Contoh gambar dari tampilan Login Email Cpanel:
Contoh surat perangko (Surat Biasa):
2. Sejarah Email
Sejarah email sesungguhnya dimulai Pada tahun 1971, oleh Ray Tomlinson,
mantan MITian, yang bekerja pada sistem operasi TENEX untuk BBN
teknologi sebagai kontraktor ARPANET. Menggunakan program email lokal
disebut SNDMSG, Tomlinson membuat aplikasi email pertama ketika ia
menyempurnakan program yang disebut CPYNET untuk SNDMSG. Ia
memperkenalkan kemampuan untuk menyalin file melalui jaringan, dan Ray
diberitahu oleh rekan-rekannya dengan kiriman email pertamanya.
Dikatakan bahwa pesan pertama yang dikirim oleh Ray adalah ‘QWERTYUIOP’,
yang diketikkan pada baris pertama dari keyboard standar.
dalam catan sejarah email, pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil
menyempurnakan program email yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk
riset ARPANET. Program e-mail tersebut begitu mudah dan langsung populer
saat itu.
Sejarah email dengan penggunaan icon [@] untuk alamat dihubungkan dengan
Ray Tomlinson sebagai Bapak dari internet. icon [@] yang
diperkenalkannya sebagai lambang yang menunjukkan “at” atau “pada”.
menurut sejarah email bahwa Pada tahun 1974, email yang sudah melalui
perbaikan kecepatan yang digunakan oleh militer AS dan menjadi
penyelamat ARPANET, dari popularitas yang terus-menerus menurun. Pada
1975, upaya untuk mengatur email membuahkan hasil. Pengoperasian email
umum yang dikenal sebagai email account, untuk pengguna yang ingin
memanfaatkan layanan email, diciptakan. Pengontrolan akses dilakukan
dengan memberikan nama pengguna dan sandi rahasia yang diketahui oleh
penggunanya sendiri. Folder terpisahpun dibuat sesuai dengan tujuan.
Folder Kotak masuk untuk pesan masuk, Folder kotak keluar untuk pesan
keluar, dll.
Tahun 1976 adalah tahun sejarah email komersil, ditawarkan dalam paket
komersial dan dikenakan biaya per-menit diberlakukan bagi pengguna
layanan ini. Hal ini menyebabkan kebutuhan untuk membaca email secara
offline, hal ini berarti bahwa pengguna bisa men-download email pada
komputer pribadinya dan bisa membacanya kapanpun diinginkan tanpa beban
biaya online. Hal tersebut memberi inspirasi agar dibuat semacam program
aplikasi email client semacam Outlook. Hal ini menyebabkan
pengembangan aplikasi, yang mirip dengan Microsoft Outlook saat ini.
pada tahun ini pula sejarah internet telah mencatat bahwa Ratu Inggris
Elizabeth II, mengirimkan email pada 26 Maret dari Royal Signals and
Radar Establishment (RSRE) Malvern sebagai bagian dari demonstrasi
teknologi jaringan internet.
Pada tahun 1972 kebutuhan sebuah protokol dibutuhkan, aplikasi file
transfer protocol (FTP) digunakan untuk mengirim pesan email. Kelemahan
utama FTP adalah membuat email yang terpisah untuk setiap penerima,
menyebabkan pemakaian ruang memori yang besar. Hal ini mendorong
diciptakan SMTP yang lebih efisien (Simple Mail Transfer Protocol) di
awal 1980-an, yang menjadi
suatu protokol standar yang digunakan dalam pengiriman pesan email. Tapi versi awal SMTP gagal mengontrol kasus pemalsuan dan terbukti menjadi sebuah protokol yang naif melakukan verifikasi keaslian pengguna. Email virus, worm dan spammer mulai mengeksploitasi celah SMTP ini
suatu protokol standar yang digunakan dalam pengiriman pesan email. Tapi versi awal SMTP gagal mengontrol kasus pemalsuan dan terbukti menjadi sebuah protokol yang naif melakukan verifikasi keaslian pengguna. Email virus, worm dan spammer mulai mengeksploitasi celah SMTP ini
Jika SMTP yang digunakan untuk mengirim pesan, POP (post office
protocol) adalah standar untuk menerima email. Protokol ini digunakan
oleh klien email untuk mengambil pesan dari server e-mail dengan
menggunakan koneksi. Saat ini versi ketiga, yaitu POP3 digunakan. Salah
satu kekurangan POP adalah bahwa tidak mendukung pengambilan pesan
secara offline. Kekurangan ini sekarang telah ditutupi dengan aplikasi
IMAP (Internet message access protocol).
Berbicara mengenai sejarah email, terasa tidak lengkap tanpa menyebutkan
*sejarah email spam* atau bulk atau pesan komersial yang dikirim secara
massal.
*sejarah email spam* atau bulk atau pesan komersial yang dikirim secara
massal.
Lebih dari 85% dari email yang dikirim di seluruh dunia menjadi spam,
suatu hal yang penting juga untuk mengetahui *sejarah email spam*.
Sebagian besar dari kita berpikir bahwa email spam adalah fenomena yang
baru, sejarah email spam di dokumentasikan bahwa pada tanggal 3 Mei
1978 oleh karyawan DEC (Digital Equipment Corporation) dengan
menggunakan aplikasi SNDMSG. Ia mengirimkan proposal pemasaran kepada
hampir 400 pengguna ARPANET dan pesan diterima oleh 320 alamat sebagai
batas penerimaan dari aplikasi. Saat ini email spam adalah hal yang
paling buruk, sekitar 100 juta spam mail terkirim tiap harinya
Sejarah email di awal tahun 1990-an, penyedia layanan email gratis dan
user-friendly telah membanjiri jaringan komputer. Pemain seperti yahoo
dan hotmail bersaing untuk mencari pangsa pasar. Dekade ini tidak hanya
kita lihat ledakan .com, tapi hampir semua orang ingin memiliki akun
email. Saat ini, lebih dari 600 juta pengguna email di seluruh dunia.
Dengan hadirnya pemain baru seperti Google (gmail) dan rediff memasuki
persaingan pasar email, menjadikan pengguna menjadi manja
memilih-milih.
Dari awal Sejarah Email hingga saat ini, email terus menerus dikaji
untuk menjawab kebutuhan komunikasi data yang kian kompleks. Email
dimanfaatkan sebagai suatu kebutuhan bagi pengguna pribadi maupun untuk
kepentingan bisnis. Teknologi email semakin berkembang dengan
bermunculannya server penyedia email dan software-software email klien.
3. Jenis Email
Ada
3 jenis layanan E-mail, yaitu : POP mail, E-mail Forwarding dan E-mail
berbasis web, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
a. Pop Mail
E-mail jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda
Kelebihannya :
•
Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet)
untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu
mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan
hubungan dengan internet dan membaca email.
Kekurangannya :
• Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat
b. Web Based Mail
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web
Kelebihannya :
• Anda bisa mencek email anda dari mana saja
Kekurangannya :
• Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.
c. Email Forwarding
Kelebihannya :
• Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu memberi tahu email anda yang baru.
4. Perbedaan Email dengan Surat biasa
E-Mail:
- Hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat (+- 1 menit)
- Alamat Email (alamat email bukanlah seperti alamat rumah)
- Cukup dengan adanya jaringan internet
- Keamanan data / surat terjamin.
Surat Biasa / Berperangko
- Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko).
- Pengalamatan Rumah / Kantor
- Membutuhkan waktu lama
- Keamanan Surat kurang terjamin
5. Manfaat Email
Tak dapat dipungkiri, email merupakan satu alat yang paling penting dalam bisnis internet. Dimana kita bisa melakukan kontak dan menjalin hubungan dengan pembeli secara teratur dan regular.
Adapun beberapa manfaat email diantaranya adalah seperti berikut ini:
Tak dapat dipungkiri, email merupakan satu alat yang paling penting dalam bisnis internet. Dimana kita bisa melakukan kontak dan menjalin hubungan dengan pembeli secara teratur dan regular.
Adapun beberapa manfaat email diantaranya adalah seperti berikut ini:
- E-mail dapat menghubungkan kita dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal.
- Dengan e-mail, data dikirim secara elektronik sehingga sampai tujuan dengan sangat cepat.
- Dapat mengirim kepada lebih dari satu orang dengan saat bersamaan.
- Dapat mempermudah komunikasi dengan orang yang ada di seluruh dunia.
- Digunakan untuk berlangganan informasi tertentu secara periodik.
- Alat komunikasi yang mudah, murah dan cepat.
- Dapat mengirimkan file berupa program, gambar, grafik, dan file lainnya.
- Dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus secara bersamaan.
- Dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluarga di kampung halaman atau di luar negeri.
- Dalam bidang bisnis, untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar